Friday, June 27, 2014

Kebenaran Itu Relatif

Menurut pendapat mayoritas orang, mungkin kebenaran itu mutlak. Tapi menurt saya pribadi, kebenaran itu relatif. Karena dari pengamatan saya selama ini memang tidak ada yang benar-benar 'mutlak'. Semua rancu bagi pandangan saya. Suatu Contoh, Mungkin bagi kebanyakan orang ilmu matematik itu adalah ilmu mutlak, bagi saya itu salah, misal 7=...?. Kalau saya menjawab 2+5 apakah saya benar? trus kalau ada yang menjawab 3+4 apakah dia benar? trus kalau ada yang menjawab 10-3?. Disini menurut saya nilai kebenaran menjadi relatif.

Contoh lain misalnya, ada sebuah benda yang diletakkan di suatu tempat. Menurut saya letak benda itu berada di sebelah kiri, terus ada yang bilang bahwa letak benda itu berada di sebelah kanan, itupun benar juga. Saya bilang disebelah kiri karena saya duduk di sebelah kanan benda itu, sedangkan yang bilang letak benda disebelah kanan, karena dia duduk di sebelah kiri dari benda itu, Itu contoh kedua yang membuktikan bahwa kebenaran itu relatif.

Dijaman sekarang ini nilai kebenaran sudah sangat jauh bergeser. Sekarang nilai kebenaran sama dengean nilai mayoritas, apapun itu kalau sudah orang banyak yang bilang benar hasilnya pasti benar, begitupula sebalakinya. Salah satu contoh kasus-kasus yang ter expose oleh media, seorang koruptor hanya di hukum beberapa bulan saja, karena dia bisa bayar orang untuk setuju dengannya bahwa perbuatan dia itu benar. Sedangkan seorang pencuri sendal jepit di hukum bertahun-tahun, karena dia tidak bisa membayar orang untuk setuju dengannya.

Maka selama ini saya tidak pernah mengklaim sesuatu itu benar atau salah. Karna saya menyadari bahwa beda cara pandang beda kebenaran yang di hasilkan terhadap sesuatu itu. Saya selalu berusaha untuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan dari sesuatu tersebut. Selain itu saya juga berusaha memikirkan apa yang mungkin dipikirkan oleh orang lain terhadap sesuatu tersebut. Mungkin benar atau salah bagi saya pasti berbeda dengan yang dipikirkan oleh orang lain.

Jadi kesimpulannya adalah jangan memandang sesuatu dari satu sisi saja, mari kita open mindid agar kita bisa lebih bijaksana mengklaim sesuatu itu benar atau salah. Segala sesuatu yang kita anggap mutlak mungkin ada nilai relatifnya kalau kita mau menggalinya lebih dalam lagi. Menurut pendapat saya sendiri, tidak ada sesuatu yang mutlak yang pernah saya temui selama ini.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi yang membaca dan mau membuka pikiran setelah membaca artikel ini agar lebih bijaksana menerima pendapat orang lain terhadap suatu hal. Tolong di abaikan artikel ini jika menurut pembaca artikel ini tidak bermanfaat. Jika pembaca mempunyai masukan atau pandangan yang berbeda tentang kebenaran bisa menuliskannya di kotak komentar yang ada dibawah postingan ini.

2 comments:
Write comments