Tuesday, August 28, 2018

Catatan Perjalanan Ke Hongkon

Berlokasi di pantai Selatan Cina, Hongkong telah menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang populer bagi para wisatawan mancanegara maupun lokal. Banyak disukai oleh para traveller muda karena berpetualang ke sini bisa menjadi sangat murah. Tidak hanya menawarkan hiburan modern, tetapi juga keindahan alamnya seperti Sungai Pearl yang mengalir ke Laut Cina Selatan dengan luas langitnya. Berikut ini adalah beberapa lokasi yang harus dijelajahi.

Disneyland
Cocok untuk ditelusuri sendiri maupun bersama rombongan. Sepanjang tahun tempat ini selalu diramaikan oleh para pencari petualangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Di tempat menakjubkan ini kita bisa menaiki berbagai macam wahana hiburan maupun hanya berkeliling di tempat ciamik ini.

Museum Madame Tussauds
Tentunya tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta jalan-jalan. Museum yang kondang dengan patung lilinnya ini terletak di Peak Tower nya Hongkong

Kowloon Walled City
Buat para backpackers yang suka mengeksplorasi peradaban kuno, lokasi bersejarah satu ini bisa menjadi tempat yang sangat cocok. Sebuah kota yang berdinding super ini dulunya adalah benteng militer yang dibangun saat terjadi perang Cina pada abad ke 19.

Sok Kwu Wan
Apabila kita ingin bersantai, baik sendiri maupun bersama keluarga, kita bisa menggunakan area yang terletak di Lamma Island ini. Diberi nama Picnic Bay oleh penduduk setempat, Para turis dapat melihat pemandangan sungai yang ada di sini. Sebagai pelengkap keindahan alamnya, para wisatawan dapat menikmati restauran-restauran Seafood di sekitar tempat cantik ini. Selain itu, bagi yang keranjingan memancing, Sok Kwu Wan akan menjadi tempat tak terlupakan.
Itu sedikit ulasan mengenai hongkong yang saya kunjungi waktu ini. Tgl 8 Juni 2015 tepatnya jam 9 pagi saya berangkat ke bandar udara ngurah rai. Sesampainya disana kurang lebih jam 10.30 waktu setempat. Saya harus menunggu  beberapa menit karna waktu checkin jam 11.00. Sehabis chekin dan membereskan segala kelengkapannya termasuk bagasi dan menunggu beberapa jam lagi karna pesawat takeoff pukul 01.00 menuju singapore.

Pesawat yang saya gunakan adala Singapore airland yg pertama kali saya naiki. Singkat cerita saya berangkat menuju singapore dengan nama airportnya adala Changi Airport Singapore. Kami mau tidak mau harus transit disana dulu katanya tidak ada pesawat yg direct langsung ke hongkong. 3 jam tidak terasa kami mengelilingi airport changi sambil nyari makan siang bersama rombongan. Capek berkeliling dan foto-fot akhirnya kami nunggu sambil wifian.

Tidak terasa 3 jam sudah berlalu dan kami harus checkin lagi. Pada saat checkin pasfor kami di minta sama tour lidernya, dan kami semua menyerahkan pasfor bersama dengan boarding pass. Nah ada salah satu teman kami yg tidak menyerahkan boarding pasnya. pada saat proses checkin berlangsung kami di suruh nunggu di suatu tempat sama lidernya, dan ternyata kami di cariin sama lidernya karna pasfornya gak isi boarding pass, lama di cariin akhirnya ketemu dan kena marah katanya jngan jauh2 klo lagi proses check in.

Singkat Cerita kami mulai terbang dari Singapore menuju Hongkong itu pukul 7.00 waktu setempat. Perjanan dari singapore menuju hongkong lebih kurang lamanya 3,5 jam. Pukul 11.30 waktu setempat akhirnya kami mendarat di Hong Kong International Airport. Kami harus buru-buru ngambil bagasi karna kami harus ngejar transport menuju ke hotel, karena travle jam segitu katanya udah gak ada. Kami terpaksa naik transport umum yg ada di sana dan itupun sudah hampir habis. Kami harus cepet2 agar tidak ketinggalan bus.

Transportasi Umum disana ada bus tingkat dan kereta api bawah tanah atau di sebut MTR atau Mass Transit Railway (港鐵) adalah sistem angkutan cepat di Hong Kong. Sistem ini merupakan salah satu angkutan cepat paling untung di dunia, dengan rasio tiket-terhadap-operasional mencapai 186%.Sejak dimulainya pelayanan MTR yang dibuka pada 1979, jaringan ini telah berkembang mencakup tujuh jalur dan 154 stasiun sepanjang 218.2 km (135.6 mi), termasuk 86 stasiun kereta dan 68 pemberhentian kereta ringan. Dioperasikan oleh MTR Corporation Limited, sistem MTR merupakan transportasi publik yang sangat populer di Hong Kong, dengan rata-rata penumpang 2,45 juta perjalanan tercatat setiap harinya.

Dengan kebijakan pemerintah yang berpihak pada transportasi berbasis rel,sistem MTR merupakan transportasi publik yang sangat populer di Hong Kong, dengan rata-rata lebih dari 5 juta perjalanan tiap harinya. Sistem ini dengan konsisten mempertahankan ketepatan waktu 99.9%. Pada tahun 2012, MTR mempunyai pangsa pasar 46.4% untuk transportasi publik, menjadikannya paling populer di Hong Kong.Integrasi teknologi pembayaran dengan kartu pintar Octopus ke MTR bulan September 1997 semakin menarik minat para komuter untuk menggunakan MTR. Pembangunan MTR dimulai dari studi yang dimulai tahun 1967 oleh Pemerintah Hong Kong untuk menemukan solusi bagaimana mengatasi kemacetan jalan raya yang disebabkan meningkatnya ekonomi negara ini. Konstruksi dimulai tidak lama setelah studi, dengan jalur pertama dibuka tahun 1979. MTR dengan cepat populer bagi penduduk Hong Kong, maka jalur-jalur berikutnya segera dibangun sehingga capaian daerahnya makin luas.
Puku 01.30 dini hari akhirnya rombongan kita tiba di hotel tempat kita menginap yang alamatnya di Stasiun Prince Edward c2 dan nama hotelnya adalah Metro Park hotel. Setelah perjalanan panjang dan tour lider membereskan proses checkin ke hotel kita langsung menuju kamar masing-masing dan berendam air hangat untuk melepaskan penat habis menempuh perjalanan yang panjang. Akhirnya kita mulai beristirahat pukul 02.00 dan besoknya harus bangun pagi untuk memulai tournya.

Pukul 9.00 waktu setempat Kita mengawali perjalanan menelusuri hongkong. untuk perjalan pertama kita menuju ke sebuah tempat.

Untuk lebih jelasnya kita kemana saja pada saat disana, saya sudah rangkum foto - foto saya dalam sebuah video, kalian bisa langsung menonton video dibawah ini!!