Monday, September 3, 2018

Ini Dia Beberapa Cara memilih Tempat Wisata Yang Tepat Di Bali

Popularitas Pulau Dewata sebagai destinasi liburan terfavorit di Indonesia tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk liburan akhir pekan bersama keluarga, backpacker-an bareng teman dan tentu saja urusan honeymoon, Bali selalu muncul sebagai tujuan utama. Bahkan di luar negeri, nama Bali tak jarang dianggap lebih terkenal dibanding nama Indonesia sendiri.

Jadi sudah bisa dipastikan Bali memang memiliki potensi wisata yang memesona. Selama puluhan tahun masyarakat Bali selalu sukses menjadikan pulau mereka sebagai destinasi liburan nomor satu di Indonesia berkat ketekunan mereka mengemas potensi wisatanya dengan serius. Mulai dari wisata alam, historis, belanja, kuliner, sampai religi semuanya tersedia. Bali layaknya toserba yang menyediakan semua yang diinginkan wisatawannya.

Tapi ke manakah kita harus berlibur di Bali? Bila hanya memiliki waktu dan bujet yang terbatas saat berlibur, bagaimana caranya kita memilih tempat wisata di Bali yang luar biasa banyaknya itu? Nah, bila Anda masih bingung menentukan tujuan, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda. Simak tipsnya dan dijamin Anda tidak bingung lagi memilih tempat wisata di Bali. Check this out:

Pertimbangkan Jarak Tempuh Anda
Jarak adalah hal penting yang harus Anda pertimbangkan saat berlibur. Ini tentu berhubungan langsung dengan berapa lama waktu Anda untuk berlibur dan juga biaya yang harus dikeluarkan. Anda harus mempertimbangkan berapa lama waktu yang diperlukan dari tempat Anda berdomisili saat ini ke Bali dan menyesuaikannya dengan durasi berlibur. Dengan begitu Anda bisa mulai memilih jenis transportasi dan membuat itinerary.
Sesampainya Anda di Bali, mempertimbangkan jarak tempuh dari satu lokasi wisata ke lokasi lainnya juga akan memudahkan Anda untuk menghemat waktu. Apalagi jika durasi berlibur Anda terbatas, tentu Anda tidak mau membuang-buang banyak waktu di jalan hanya untuk terjebak kemacetan atau kebingungan harus ke mana dulu. Pilih lokasi wisata yang dekat dengan tempat Anda menginap dan tentukan lokasi-lokasi mana saja yang searah. Anda bisa sekalian ke Pantai Padang-Padang dan Dreamland jika tujuan Anda ke Garuda Wisnu Kencana, karena mereka berada di satu daerah. Jangan bolak-balik di satu tempat yang bisa dengan mudah Anda urutkan. Gunakan google maps atau peta perjalanan dari buku traveling untuk memandu Anda.

Pilih Tempat Yang Suasananya Beda Dari Kehidupan Sehari-hari Anda
Tujuan berlibur adalah melepaskan diri dari kejenuhan aktivitas sehari-hari. Lalu apa gunanya berlibur bila yang kita lihat masih sama dengan yang ada di keseharian kita? Jadi tips yang penting dalam memilih tempat wisata adalah di mana lokasi Anda berdomisili saat ini? Tentunya lokasi tempat tinggal Anda sangat penting untuk menentukan tujuan berlibur nantinya, apalagi bila Anda ingin mendapatkan momen liburan yang berbeda dan tidak terlupakan.

Wisata laut atau pantai adalah tempat wisata di Bali yang paling direkomendasikan oleh banyak orang. Kebanyakan orang menganggap liburan ke pantai adalah lokasi liburan yang paling menyenangkan. Namun, bagaimana bila tempat Anda berdomisili saat ini tidak jauh dari pantai atau obyek wisata laut? Boleh jadi liburan ke pantai akan membosankan buat Anda karena suasananya sama dengan yang ada di keseharian Anda. Sama halnya bila Anda sudah tinggal di kota besar, mungkin Anda tidak tertarik lagi dengan pusat keramaian di Kuta, dan lebih memilih suasana pedesaan di Ubud. Jadi, supaya tidak bingung lagi memilih tempat wisata, bandingkanlah suasana di tempat tinggal Anda dengan tujuan Anda berlibur.

Cari Tempat Wisata Yang Belum Pernah Anda Kunjungi
Hampir semua orang setuju jika Bali menarik untuk dikunjungi kapan saja. Ini adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang banyak penggemarnya, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pertanyaannya, pernahkah Anda ke Bali sebelumnya? Jika Anda belum pernah ke Bali, tentu ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Anda tinggal menyusun itinerary, menyesuaikannya dengan durasi berlibur dan bujet yang Anda punyai, dan siap menikmati Bali dengan rasa penasaran yang traveler alami saat pertama kali.

Tapi bagaimana bila ini adalah kunjungan kedua kali atau entah ke berapa kalinya ke Bali? Menghabiskan waktu liburan ke Bali adalah saat yang menyenangkan, tetapi tentu berbeda rasanya bagi orang yang sudah pernah berwisata ke Bali dengan orang yang baru pertama kali. Nah, untuk merasakan Bali seperti kali pertama, maka tipsnya adalah mencari tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Anda bisa mencoret daftar yang berisi tempat-tempat yang mainstream, dan hanya memilih yang belum pernah Anda datangi. Dengan cara ini Anda bisa tetap merasakan tantangan dan liburan Anda akan berkesan.

Cocokkan Pilihan Tempat Wisata Dengan Siapa Anda Berlibur
Pilihan lokasi wisata untuk liburan yang menyenangkan tentu berbeda bila Anda mengajak teman, keluarga atau pasangan. Semakin banyak yang diajak, akan semakin bingung menentukan pilihan tempat wisata karena semua orang punya keinginan yang berbeda-beda. Tak jarang pula, semua orang yang terlibat akan sibuk berdebat dan saat hari H tiba Anda masih bingung hendak ke mana baiknya.
Tips yang paling efektif adalah mencari tahu tempat-tempat wisata yang sudah pasti akan disukai oleh siapa saja yang Anda ajak berlibur. Lokasi berlibur yang menyenangkan bersama teman-teman adalah yang ramai dan penuh keseruan, seperti misalnya rafting di Sungai Ayung Ubud, hangout di Beachwalk Mal Kuta, atau mampir ke kafe-kafe yang instagrammable di Canggu. Bila Anda datang bersama pasangan untuk bulan madu, maka pilihlah tempat yang romantis, misalnya pijat spa di Seminyak, trekking di Campuhan Ubud atau makan seafood di pinggir pantai Jimbaran. Untuk anak-anak dan keluarga, Bali juga punya banyak tujuan wisata yang asyik, misalnya Waterboom, Bali Safari and Marine Park, Bali Zoo, Devdan Show Nusa Dua, dan masih banyak lagi.

Sesuaikan Dengan Karakter Anda
Setiap orang punya kriteria yang berbeda dalam memilih lokasi wisata yang menyenangkan. Anda dan teman-teman Anda mungkin memiliki pendapat yang berbeda bila diminta menyebutkan tempat wisata terfavorit di Bali. Oleh karena itu dalam berlibur jangan hanya mengandalkan referensi dari teman, blog travel, atau agen perjalanan saja, melainkan utamakanlah preferensi Anda. Ringkasnya, ini liburan Anda, maka sesuaikanlah dengan karakter Anda.

Jika Anda orangnya suka keramaian, maka pusat hiburan malam di Kuta, Legian dan Seminyak patut menjadi pilihan Anda. Pilihlah tempat wisata di tiga daerah itu, niscaya liburan Anda akan penuh keseruan. Lain halnya bila Anda lebih menyukai ketenangan dan alam pedesaan, maka wisata alam di Ubud sangat direkomendasikan. Di sini Anda tidak hanya bisa lebih dekat dengan alam, melainkan juga ikut menyaksikan seni budaya Bali yang kental. Anda yang penyuka tantangan dan penggila adrenalin juga tidak perlu khawatir. Bali punya segudang aktivitas wisata untuk Anda yang punya karakter pemberani, sebut saja surfing di Uluwatu, rafting di Sungai Ayung dan parasailing di Tanjung Benoa.

Atur Budget Anda
Liburan Anda tidak akan jadi menyenangkan kalau sampai di rumah Anda menanggung beban utang. Liburan bisa disebut menyenangkan bila Anda merasa senang saat berlibur dan tenang saat kembali ke rumah. Kecuali Anda milyarder yang tidak perlu merisaukan pengeluaran selama tujuh turunan, maka bujet adalah hal penting yang harus Anda perhatikan. Bahkan bujet bisa dibilang poin utama untuk menentukan pilihan tempat wisata bila Anda tidak ingin memboroskan terlalu banyak biaya.

Tempat wisata di Bali biasanya memerlukan biaya tiket masuk dan sarana transportasi untuk mencapainya. Tidak hanya biaya bahan bakar, Anda juga perlu memasukkan ongkos makan dan minum selama perjalanan. Bila bujet Anda terbatas, Anda bisa mencoret tempat-tempat wisata yang harga tiket masuknya mahal, dan menggantinya dengan yang murah atau bahkan gratis, seperti pantai. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan fasilitas tertentu dari akomodasi Anda. Misalnya, villa di Canggu biasanya memberikan member card gratis untuk menikmati fasilitas di pusat olahraga dan permainan di Canggu Club bagi para penyewanya. Lumayan, kan?

Kumpulkan Informasi dan Buat Itinerary
Untuk menghindari kebingungan dalam memilih tempat wisata di Bali, ada baiknya untuk membuat itinerary. Anda bisa mengumpulkan informasi-informasi di atas, mulai dari jarak tempuh, tempat wisata yang suasananya berbeda dari keseharian Anda, tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi, siapa yang akan Anda ajak berlibur, tempat wisata yang paling sesuai dengan karakter Anda dan perencanaan biaya. Anda bisa browsing tempat-tempat tersebut dan bahkan membeli buku panduan yang biasanya sudah dilengkapi peta perjalanan dan contoh itinerary.

Lalu setelah semua informasi yang Anda inginkan terkumpul, mulailah membuat daftar corat-coret tentang lokasi-lokasi wisata tersebut. Susunlah itinerary perjalanan Anda selengkap mungkin, beserta detail jam buka tutup tempat wisata serta nomor-nomor yang sekiranya bisa dihubungi. Jangan lupa simpan detail perjalanan Anda tersebut dalam bentuk hard copy dan soft copy untuk berjaga-jaga kalau-kalau ponsel Anda mati. Ingatlah selalu bahwa itinerary dan semua informasi yang Anda kumpulkan semata-mata sebagai panduan supaya Anda tidak tersesat. Tetaplah bersikap fleksibel dalam menyikapi situasi dan kondisi yang terjadi secara langsung di lapangan agar liburan Anda tetap terasa menantang. Sudah gak bingung lagi, kan? Selamat berlibur!

No comments:
Write comments